Tuesday, January 3, 2012

Susahnya menjadi anak kost...

Tentu saja bukan hal yang mudah menjadi seorang anak kostan. Berbagai halangan dan rintangan selalu mengancam. Hidup sendiri, family jauh dari kita. Kadang kesepian sendiriian di kostan.

Kesulitan-kesulitan sebagai anak kost itu seperti berikut :
1. Manage keuangan
Sebagai anak kostan tentu saja kita diberi uang saku atau tidak bagi yang sudah bekerja. Untuk survive kita harus pandai-pandai memanage uang yang ada. Jika uang habis sebelum dikirim pada akhir bulan, mau gimana jadinya??? Makan batu kali..

2.  Makanan
Kalau kita di rumah bersama orang tua, biasanya kita dimasakin sama orang tua. Namun, sebagai anak kostan berbeda, kita yang harus masak sendiri atau membeli makanan siap jadi. Kalau masak sendiri lebih repot, namun lebih hemat dan bersih. Tetapi kalau beli, maka lebih cepat, tidak usah repot dan bingung, serta efesiensi waktu. Tetapi lebih mahal dibandingkan dengan masak sendiri. Makanan juga berhubungan erat dengan budget uang saku kita. Jika makanan kita enak-enak terus maka kantong kita juga cepat menipis. Oleh karena itu, dalam hal makan, kita juga sangat perlu menghemat serta menyesuaikan bugdet uang saku kita.

3. Kesehatan
Ketika kita kost,kita tidak diperhatikan oleh orang tua, Kesehatan kita juga sulit diperhatikan oleh orang tua, hanya kita sendiri yang menjaga diri kita. Ketika kita sakit, maka orang tua tidak dapat langsung merawat kita. Mungkin hanya teman kost atau bapak atau ibu kost. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan kita. Contoh konkritnya adalah soal menjaga makanan dan memperhatikan dan merawat fit nya tubuh kita. juga kamar kost kita yang perlu dibersihkan.

4. Manage waktu
Ketika kita tidak tinggal orang tua, kita akan lebih bebas. Kita menjadi tidak diatur oleh orang tua. Anak kost harus pandai memanage waktu yang ada agar waktu tidak sia-sia terbuang. Pertimbangan terhadap setiap kegiatan. Apakah itu perlu atau tidak. Seperti antara jalan-jalan ke mall atau belajar. Jalan2 ke mall menghabiskan waktu serta uang, belajar menambah ilmu dan meningkatkan prestasi. Namun,bukan berarti tidak boleh jalan-jalan untuk refreshing, tetapi yang wajar sajalah.


Beberapa tips anak kost berkaitan dengan menghadapi kesulitan di atas :
1. Buat pembukuan atau planning untuk budget uang saku atau gaji.
2. Selalu berhemat tetapi tidak kikir.
3. Makan makanan yang bersih, bila ada waktu masak sendiri untuk menghemat.
4. Makan makanan 4 sehat lima sempurna, yang tidak harus mahal
5. Jaga pola dan kebersihan serta gizi makan, jangan sampai sakit menyerang
6. Kurangi jajan.
7. Teratur berolahraga
8. Bila ada tanda-tanda sakit, cepatt-cepat istirahat ataupun minum obat atau ke dokter.Jangan sampai sakitnya menjadi berat dan parah
9. Istirahat yg cukup, tidak usah begadang untuk hal yang tidak perlu
10. Pandai mengatur waktu
11. Prioritaskan belajar atau hal-hal yang dianggap penting
12. Pertimbangkan tiap kegiatan, apakah ada manfaatnya atau tidak.

Sumber : pengalaman telah 4 bulan menjadi anak kost..wkwk.. 

1 comment:

  1. hahaha....
    saat jadi anak kos, pasti 100% sulit..

    tapi ingat,.. kesulitan yg di hadapi sekarang merupakan modal yg besar untuk kehidupan seterusnya..

    :D

    ReplyDelete