Wednesday, January 19, 2011

Nenek Moyang Ikan Hiu ???



Do u know what is megalodon???
megalodon
Megalodon sedang mengejar paus 



Megalodon adalah nenek moyang dari hiu modern (sekarang).Speseis ikan hiu raksasa ini adalah hiu pertama di perairan bumi. Megalodon berarti 'gigi yang besar'. Berapakah besar ukuran giginya??? Sekitar 18 cm!!!! Bayangkan!!!! Hiu modern saja baru sekitar 3 cm.Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu. Hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar dengan panjang sekitar 18 - 20 meter. Sedangkan hiu putih masa kini yang terbesar sekitar 4 - 5 meter saja. Alamak...






megalodon tooth
Gigi Megalodon

gigi megalodon
Perbandingan gigi Megalodon









Hiu ini hidup pada kedalaman yang cukup dalam dan hanya naik ke permukaan untuk mencari mangsa. Para ahli menyatakan bahwa megalodon itu predator terbesar dan terkuat sepanjang sejarah. Dengan panjang sekitar 20 meter, megalodon bisa ngebalik kapal ukuran sedang hanya dengan senggolan. Sifat megalodon serupa dengan hiu, cuma ia adalah rajanya hiu. Diperkirakan megalodon dapat memangsa T-rex...Tahukan T-rex???Tyrannosaurus,rajanya dinosaurus. Jadi T-Rex bukan apa - apa bagi Megalodon.


Louis Agassiz adalah tokoh dibalik megalodon. Ia yang memberi nama dan menemukan giginya pada 1835. Pada mulanya,orang mengira itu adalah fosil gigi naga..Haha...Giginya itu sepuluh kali lebih kuat dari hiu. Fosil megalodon ditemuin di tempat-tempat yang berbeda, di Amerika Utara dan Selatan, Selandia Baru, Jepang, Afrika, Malta dan India. Fosilnya utuhnya belum pernah ditemukan, fosil-fosil yang ada sekarang adalah rekontruksi dari tulang belulang hiu putih. Fosil itu baru berhasil direkonstruksikan pada tahun 1843 oleh Luis Agassiz.


Masih hidupkah Megalodon???
Para ilmuwan menduga bahwa megalodon masih hidup, mungkin tinggal beberapa ekor saja. Dari Carbon Date,diketahui bahwa fosil termuda baru berumur 10.000 - 15.000 tahun yang lalu. Sedangkan dinosaurus hidup pada 65 juta tahun yang lalu. Hal ini berarti Megalodon munkin masih eksis tapi hanya sedikit saja.


Mengapa Megalodon tidak punah bersama dinosaurus lainnya ???
Padahal Megalodon adalah dinosaurus juga. Jawabanya adalah karena megalodon hidup di laut, tidak terpengaruh kondisi di darat seperti yang dialami oleh Dinosaurus darat. Punahnya dinosaurus karena tabrakan meteor ke bumi dan berpengaruh pada kondisi bumi seperti cuaca.


perbandingan megalodon
Perbandingan ukuran Megalodon
Video Link : http://www.youtube.com/watch?v=RTKzrVv7I_o


Sumber :  http://en.wikipedia.org/wiki/Megalodon

No comments:

Post a Comment