Friday, July 1, 2011

Kesaksianku, Tuhan membuka jalan

Beberapa bulan yang lalu,saya sangat galau dalam memilih universitas dan jurusan apa yang akan saya pilih untuk dilanjutkan setelah saya tamat dari SMA. Saya sangat bingung dan takut serta cemas. Namun, di saat itu saya tetap percaya pada Tuhan. Karena ia pasti memberikan masa depan yang terbaik buat ku,termasuk Saudara sekalian.

Ini sangat penting karena berhubungan dengan masa depan saya. Bila saya salah memilih, maka saya akan kacau di kemudian harinya. Saya tetap berserah pada Tuhan dan percaya padaNya. Tiap hari pun saya cemas,bimbang dan takut. Saya juga terus berdoa untuk itu. Sebenarnya dari kelas 1 SMA ,saya sudah berencana untuk mengambil jurusan Psikologi. Yah, karena menurut saya itu menarik dan prospek ke depannya bagus. Namun, masih gajel alias gak jelas dan ragu- ragu. Psikologi itu pun kudoakan. Setelah UN,saya bimbingan belajar untuk SNMPTN yaitu SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI. Waktu itu saya masih bingung mau memilih jurusan apa di SNMPTN. Sebelumnya, saya meminta doa dari seorang Pendeta yang mampir ke gereja saya. Ternyata Pendeta itu mempunyai karunia bernubuat yaitu untuk mengatakan rencana Tuhan dan pesan dari Tuhan. Ketika saya didoakan olehnya, hati saya tiba-tiba menjadi panas.Lalu Pendeta itu bernubuat dalam bahasa Inggris katanya :" Pesan Tuhan kepadamu  : Jangan takut tentang masa depanmu, tetaplah percaya kepadaKu.Aku akan membuka jalan bagimu. Jangan menoleh ke kiri atau ke kanan. Jangan mengikuti apa yang dikatakan orang" Saya pun agak terkejut dan heran serta bertanya - tanya dalam hati..Apa maksudnya ini ??? Setelah itu,saya bertanya lagi ??? Apa maksud Tuhan Psikologi y??? Pendeta itu menjawab," Tidak tahu...yang pastinya tetap saja berdoa."

Saya pun menetapkan memilih Psikologi. Ketika meilhat di daftar program studi di PTN-PTN yang ada, Psikologi jurusan IPA hanya di UNPAD. Yang lainya rata-rata IPS,sedangkan saya anak IPA..saya sebenarnya cuma berniat memilih Psikologi USU karena saya anak Medan. Karena Psikologi USU IPS, maka saya mengambil ujian IPC. Dengan pilihan pertama UNPAD,kedua Teknik USU dan ketiga Psikologi USU

Saya pun belajar dan berusaha semaksimal mungkin. Saya juga berdoa dan berserah,juga ketika ujian. Ujian pun tiba dan selesai. Setelah ujian saya tetap percaya dan berserah. Tetap kudoakan hasil SNMPTN itu. Yang anehnya ketika saya berdoa,hati saya panas dan terus terdengar "percayalah,kamu akan lulus" dan saya menjadi tenang, kegalauan hilang. Itu terus terjadi ketika saya berdoa dan ketika tidak berdoa. saya pun yakin. Selain itu, family saya terus berkata - kata soal Bandung,sebab UNPAD di Bandung, dan saya yakin itu adalah tanda dari Tuhan. Selama masa menanti pengumuman, saya berusaha melayani Tuhan.

Hingga akhirnya tibalah saat-saat mendebarkan, yaitu pengumuman SNMPTN pada tanggal 29 Juni jam 7...Mulai dari siang saya sangat berdebar-debar dan makin malam makin gemetar dan gugup...Namun, di hati saya selalu muncul "percayalah kepadaKU". Ya, perkataan ini cukup menenangkan saya dari kepanikan.
1 jam sebelum pengumuman saya menunggu di website nya, countdown pun ditampilkan..Teman - teman saya sebelumnya sudah mengetahui hasilnya melalui login karena sebelumnya login itu belum di blok. Sangat pun mencoba seperti yang teman saya lakukan, tetapi tidak bisa...saya pun kesal sekali..tiap kali di coba ,keluar "pengumuman belum dibuka". Akhirnya,saya putuskan untuk menunggu hingga jam 7 malam. Saya harus menunggu 1 jam lagi dengan galau,panik,stress dan kawan-kawannya. Dan di saat itu pun, terngiang-ngiang dalam hati saya "kamu lulus,percayalah" .Detik-detik pun terasa seperti berjam-jam. Akhirnya,waktunya pun tiba...Aku memasukan no snmptn dengan cemas dan muncul "Selamat Anda lulus pilihan 361181 Psikologi UNPAD" Aku sangat girang dan segera lari turun ke bawah mengabarkan kabar gembira ini kepada ibuku dan family ku. Ternyata apa yang dikatakan Tuhan itu benar, Dia tidak berbohong, Dia membuka jalan bagiku..

Karena Tuhan, saya adalah orang yang beruntung diantara sejuta lebih peserta SNMPTN dan juga termasuk orang yang beruntung di antara ratusan ribu orang pemilih UNPAD. Dan ternyata,UNPAD adalah PTN pilihan terfavorit dalam SNMPTN 2011 tahun ini. Beruntungnya aku karena Tuhan...Dan lagi,setelah itu baru saya baca,ternyata yang memilih Psikologi UNPAD harus ujian IPC..Terbukti Tuhan beserta ku sewaktu memilih...Kalau aku pilih ujian IPA saja,pasti tidak akan lulus di UNPAD...Psikologi UNPAD termasuk salah satu Psikologi terbaik di Indonesia. Terima kasih ya Tuhan...

Nah,pelajaran yang kudapat yaitu aku harus tetap percaya padaNya dan berserah penuh. Dalam hal ini, ini adalah proposal ku terhadap Tuhan untuk masa depanku. Dan Tuhan membuka jalan. Sekarang aku mengerti apa yang dimaksudNya dengan membuka jalan...Dan saya juga yakin,masalah berkas -berkas,biaya-biaya, tempat tinggal dan semua yang dibutuhkan untuk kuliah di sana pasti Tuhan sediakan dan tolong kaena Dia adalah Pemelihara,yakni Yehova Jire. Sekian kesaksian saya. Semua yang saya tulis ini adalah fakta..saya tidak mengada ngada...

Kiranya Tuhan memberkati...
Thnx 4 reading...

No comments:

Post a Comment